Menerapkan Tata Tertib Pada Anak Usia Dini

Setiap tempat pasti memiliki aturannya masing-masing. Oleh karena itu, sebagai orang tua Anda harus menerapkan tata tertib kepada anak sejak usia dini. Yang mana bertujuan agar anak tahu apa yang diperbolehkan dan jenis perilaku seperti apa yang dilarang.

Dengan menerapkan aturan yang jelas, Anda bisa meminimalisir masalah perilaku dan juga bisa meningkatkan kedisiplinan pada anak.

Cara Menerapkan Tata Tertib Pada Anak

Anak usia dini membutuhkan aturan yang jelas dan yang bisa membuat mereka merasa aman dan juga terlindungi. Namun, akan lebih baik jika tidak memberikan mereka terlalu banyak aturan. Hal itu karena bisa membuat perkembangan mereka terhambat. Berikan aturan-aturan sederhana saja sesuai dengan umur si anak.

1. Libatkan Anak dalam Beberapa Hal

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan tata tertib pada anak adalah dengan melibatkan anak dalam beberapa hal terlebih ketika membuat aturan tersebut. Bersikaplah terbuka pada anak dan buatlah sebuah diskusi menjadi menyenangkan. Dengan begitu, anak tidak akan merasa terpaksa dan tertekan dalam menjalankan aturan tersebut.

Beri juga anak-anak pengertian mengenai tujuan dari dibuatnya tata tertib tersebut. Ketika anak-anak paham maka akan lebih mudah untuk mereka menjalankannya.

2. Jadilah Teladan untuk Anak

Cara berikutnya adalah dengan menjadi teladan yang baik untuk anak. Tata tertib yang Anda buat sebaiknya tidak hanya untuk anak, tetapi untuk semua anggota keluarga. Selain itu, jangan memberi anak perintah saja, tetapi juga berilah mereka contoh. Anak akan lebih termotivasi untuk melakukan hal yang sama ketika orang tua mereka melakukannya juga.

3. Buatlah Konsekuensi

Dalam menerapkan tata tertib penting juga untuk membuat konsekuensi atau hukuman jika aturan tersebut dilanggar. Dengan begitu, anak akan menjadi lebih disiplin dan lebih bertanggung jawab. Anak juga akan berpikir dua kali jika ingin melanggar aturan, terkadang konsekuensi juga membuat anak takut untuk melanggar.

Apa Saja Jenis-jenis Tata Tertib untuk Anak?

Ada beberapa jenis tata tertib yang bisa Anda terapkan untuk anak sesuai dengan usianya. Berikut jenis-jenis tata tertib dan juga tujuannya untuk anak.

1. Taat Tertib Mengenai Keselamatan

Tata tertib yang pertama adalah mengenai keselamatan, baik secara fisik maupun emosional. Ketika anak merasa aman, maka mereka juga akan bebas dalam memfokuskan energi untuk mengeksplorasi bakat dan juga lingkungannya. Keamanan fisik bisa berupa aturan agar tidak melakukan hal-hal yang berbahaya, seperti melompat dari tempat tidur, dan lainnya.

Sedangkan keamanan emosional bisa berupa aturan yang mengajarkan anak untuk bersikap terbuka atas perasaan mereka dan juga larangan untuk berkata yang tidak baik.

2. Tata Tertib Mengenai Moralitas

Tata tertib yang kedua mengenai moralitas, misalnya dengan mengajarkan anak untuk selalu meminta maaf ketika melakukan kesalahan, tidak menyakiti orang lain, dan juga selalu berbuat baik kepada orang lain.

Dengan begitu, anak akan menjadi terbiasa bersikap positif. Dalam menerapkan tata tertib ini jangan hanya dengan perkataan, namun juga berikan anak contoh dari perilaku Anda sendiri.

3. Tata Tertib Mengenai Kebiasaan Sehat

Tata tertib yang seharusnya diterapkan pada anak sejak usia dini adalah tata tertib yang bisa mengembangkan kebiasaan sehat untuk anak. Misalnya membiasakan anak untuk sikat gigi secara teratur, menjaga kebersihan diri, merapikan pakaian, merapikan tempat tidur, dan kebiasaan sehat lainnya.

Cara seperti ini bisa membuat anak belajar mandiri dari usia dini. Anak juga bisa menjadi lebih bertanggung jawab. Mulailah sesuai dengan usia anak, agar anak tidak merasa terbebani dengan aturan-aturan yang tidak sesuai dengan usianya.

4. Tata Tertib Mengenai Keterampilan Sosial

Penting juga untuk menerapkan tata tertib terkait keterampilan sosial kepada anak. Tata tertib ini sangat dibutuhan agar anak bisa bersosialisasi dengan orang di sekitarnya. Anda bisa mengajarkan pada anak mengenai cara yang benar untuk berinteraksi dengan orang lain. Berikan juga penjelasan yang mudah dipahami oleh anak agar ia lebih mengerti.

Anda bisa memulainya dari lingkungan keluarga. Dengan begitu, anak akan terbiasa menerapkannya di lingkungan pertemanannya.

5. Tata Tertib Terkait Masa Depan Anak

Tata tertib yang terakhir adalah tata tertib yang menyangkut masa depan anak. Tata tertib seperti ini bisa membantu mereka untuk tumbuh menjadi dewasa. Tetapkan aturan yang mengajarkan mereka keterampilan hidup yang bisa membantu mereka menjadi pribadi yang jauh lebih baik di luar lingkungan keluarga.

Menerapkan aturan seperti ini tidaklah mudah, jadi carilah metode yang sesuai dengan temperamen anak. Ada beberapa anak yang cenderung berperilaku tanggung jawab dan teap termotivasi dengan pekerjaan sekolah, namun ada juga anak yang membutuhkan aturan tambahan sebagai bentuk motivasi atau dukungan.

Misalnya, Anda bisa menerapkan aturan mengenai tugas dan juga uang untuk mempersiapkan anak di lingkungan kerja nantinya. Anda bisa memberikan anak tugas dan kesempatan untuk mendapatkan uang saku. Lalu ajari juga mereka cara menabung dan membelanjakan uang dengan bijak agar mereka tahu kebutuhan sendiri sebagai orang dewasa nantinya.

Itulah beberapa cara menerapkan tata tertib yang bisa Anda lakukan pada anak usia dini. Setelah mengetahui cara dan jenis-jenis tata tertib di atas, kini Anda bisa membuat aturan tata tertib yang tepat untuk anak sesuai dengan usianya. Tak hanya itu, Anda juga bisa menerapkannya dengan cara yang benar tanpa membuat anak terpaksa dan tertekan dengan tata tertib yang ada.