Apa Itu Kurikulum Merdeka?

Sekolah Dasar Bina Talenta Bandung, adalah salah satu sekolah dasar swasta terbaik dan sekolah dasar terfavorit di Bandung, dimana pembelajaran menggunakan metode kelas kecil dimana satu kelas hanya 10 (sepuluh) orang, selain itupun ditunjungan fasilitas sekolah yang mumpuni dan juga guru-guru yang profesionalSekolah Dasar Bina Talenta berlokasi di Jalan Kembar Baru Utara No. 4 dengan nomor telepon 022-5208123.

Sudahkah Anda tahu kurikulum Merdeka? Kurikulum ini resmi diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai upaya dalam mengatasi masalah krisis pembelajaran atau learning loss. Sebelumnya, kurikulum ini dikenal dengan nama kurikulum Prototipe.

Bisa dibilang, kurikulum terbaru tersebut ditawarkan sebagai salah satu solusi untuk pemulihan pembelajaran akibat pandemi. Melalui kurikulum terbaru ini, guru bisa memilih format, cara, materi esensial, dan pengalaman apa yang akan diajarkan pada siswanya. Hal ini pula yang membuat kurikulum dirasa lebih menyenangkan.

  • Mengenal Lebih Dalam Kurikulum Merdeka

Kurikulum ini berlaku mulai tahun 2022-2024. Kurikulum terbaru ini akan mengusung kompetensi untuk mendukung pemulihan pembelajaran. Caranya dengan menerapkan pembelajaran yang berbasis proyek atau Project Based Learning. Tujuannya untuk mendukung pengembangan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Kurikulum tersebut sengaja dirancang untuk memberikan ruang lebih banyak agar siswa bisa mengembangkan karakter dan kompetensinya, terutama pada jenjang SMA. Dengan kata lain, kurikulum itu akan memberikan kesempatan agar siswa bisa menekuni minat dengan lebih fleksibel.

  • Kelebihan Kurikulum Merdeka

Setelah melihat lebih dalam terkait kurikulum terbaru ini, apakah Anda bisa membayangkannya secara garis besar? Jika sudah, ada baiknya untuk melihat sejumlah kelebihan dari kurikulum tersebut. Apa sajakah kelebihannya?

  1. Mempunyai Beberapa Karakteristik Utama

Salah satu kelebihan yang bisa dilihat dari kurikulum ini adalah mempunyai beberapa karakteristik utama. Karakteristik ini bisa mendukung pemulihan pembelajaran, yakni pengembangan soft skills dan karakter serta mendukung materi esensial. Sementara bagi guru akan dirasa lebih fleksibilitas dalam melakukan pembelajaran sesuai kemampuan siswa.

  1. Bagian dari Proses Pembelajaran

Ada lagi kelebihan yang bisa dilihat dari kurikulum terbaru 2022, yakni merupakan bagian dari proses pembelajaran. Artinya kurikulum tersebut akan melanjutkan arah pengembangan dari kurikulum sebelumnya, yakni orientasi holistik. Basis yang digunakan adalah kompetensi dengan perancangan sesuai kebutuhan sekolah dan peserta didik.

  1. Memberikan Ruang Lebih Luas

Kelebihan paradigma pembelajaran ini akan memberikan ruang lebih luas, baik kepada peserta didik maupun kepada guru. Peserta didik bisa lebih leluasa dalam mengembangkan karakter dan kompetensi dasar, sedangkan guru akan leluasa untuk mengajarkan murid dengan materi, cara, gaya, dan lain sebagainya yang tentunya sesuai.

  1. Lebih Sederhana dan Mendalam

Kurikulum terbaru akan lebih fokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Alhasil, proses pembelajaran inilah yang dirasa lebih sederhana, tapi juga mendalam. Bahkan, pembelajaran dirasa lebih bermakna dan lebih menyenangkan.

  1. Relevan dan Interaktif

Salah satu hal unik dari kurikulum 2022 adalah menggunakan kegiatan proyek sebagai sistem pembelajarannya. Melalui hal inilah yang bisa menciptakan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk bisa mengeksplorasi isu aktual. Tentunya hal tersebut akan mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila.

  1. Sama Seperti Kurikulum Darurat

Kurikulum yang baru ini dianggap sama seperti kurikulum darurat. Akan tetapi, hal ini dibuat lebih sederhana dan juga mendalam. Hal ini terjadi lantaran materi yang dibuat lebih sedikit. Alhasil, guru lebih mudah dalam memahami konsep pembelajaran yang esensial. Guru pun tidak perlu terburu-buru dalam menyiapkan materi.

  1. Tidak Ada Lagi Program Peminatan untuk Jenjang SMA

Keunggulan lainnya bisa dilihat dari tidak adanya program peminatan untuk jenjang SMA. Alhasil, tidak ada lagi pilihan antara jurusan IPA atau IPS. Peserta didik bisa memilih sebagian IPA sebagai materi mata pelajaran IPA dan sebagian IPS. Tentunya hal ini sudah banyak dilakukan di program kurikulum internasional.

  • Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka

Setelah melihat kelebihan dari paradigma pembelajaran baru, ada baiknya untuk melihat perbandingan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum tersebut. Apa saja perbedaannya sehingga kurikulum terbaru dianggap lebih menyenangkan?

  1. Kompetensi yang Dituju

Salah satu letak perbedaan antara kurikulum lama dengan kurikulum terbaru terletak di kompetensi yang dituju. Kurikulum 2013 mengusung Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti sebagai penilaian, yakni sikap spritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.

Sementara kurikulum terbaru istilahnya adalah Capaian Pembelajaran di mana hal itu disusun per fase. Setelah itu dinyatakan dalam bentuk paragraf yang menggabungkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

  1. Struktur Kurikulum

Perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum Merdeka terletak pada struktur kurikulumnya. Kurikulum 2013 jam pelajarannya diatur per minggu di mana dalam setiap semester peserta didik akan mendapat hasil belajar.

Namun, untuk kurikulum terbaru tahun 2022, strukturnya terbagi menjadi dua kegiatan pembelajaran utama, yakni pembelajaran intrakulikuler dan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

  1. Kerangka Dasar

Perbedaan lainnya bisa dilihat dari kerangka dasar atau landasan utama. Kurikulum 2013 landasan utamanya adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan. Namun, untuk kurikulum baru akan ditambah dengan mengembangkan Profil Pelajar Pancasila.

  1. Perangkat Kurikulum

Perangkat kurikulum untuk 2013 dengan Merdeka juga mempunyai perbedaan. Kurikulum 2013 mempunyai pedoman implementasi kurikulum, panduan penilaian, dan panduan pembelajaran pada setiap jenjangnya.

Namun, untuk kurikulum terbaru perangkat kurikulumnya adalah panduan pembelajaran dan asessmen, panduan pengembangkan kurikulum operasional sekolah, pelaksanaan inklusifz individual, bimbingan konseling, dan panduan pengembangan projek.

  1. Pembelajaran

Kurikulum 2013 dulu akan melalukan pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada semua mata pelajaran. Akan tetapi, kurikulum terbaru akan menguatkan pembelajaran terdiferensasi sesuai dengan tahap pencapaian pada peserta didik.

Melihat beberapa keunggulan terkait kurikulum Merdeka, apakah Anda merasa lebih nyaman dan menyenangkan? Selain itu, perbedaannya pun dirasa tidak terlalu jauh, bukan antara kurikulum sebelumnya dengan kurikulum terbaru.

 

h